Address
Jl Bhisma 2 Bogor Utara, Bogor, Jawa Barat. 16152
Phone
081292121112
Email
adityo_didit@yahoo.com

3 Hotel Bersejarah dengan Arsitektur Klasik di Indonesia Paling Estetis

Diterbitkan Sabtu, 27 Juli 2024

Hotel bersejarah dengan arsitektur klasik di Indonesia kerap menjadi penginapan favorit di kalangannya. Desain ruangan yang estetis serta memiliki banyak cerita di belakangnya menambah pengalaman menginap bagi para pengunjung.

Mengutip dari Senandika Pariwisata, Agung Yoga Asmoro (2020:154), staycation merupakan liburan di negara sendiri serta melibatkan perjalanan ke sekitar penginapan. Hal ini bisa dilakukan di hotel bersejarah yang ada di Indonesia.

Hotel Bersejarah dengan Arsitektur Klasik di Indonesia
Perbesar

Hotel bersejarah dengan arsitektur klasik di Indonesia merupakan sebuah bangunan yang menjadi saksi bisu kejadian di masa lalu. Bagi yang tertarik untuk menjadikannya tempat penginapan, ini dia referensi hotelnya.

1. Salak the Heritage Bogor
Menjadi bangunan bersejarah, hotel ini dulu sempat berfungsi sebagai markas militer Jepang pada tahun 1948. Namun, semenjak kemerdekaan sudah berpihak pada Indonesia, gedung ini beralih kepemilikan menjadi milik tanah air.

Mulai dari tahun 1988, akhirnya gedung ini menjadi hotel Salak the Heritage yang berdiri di pusat kota. Letaknya sangat strategis. Jadi, tidak membuat pengunjung kewalahan saat ingin menjelajah kota Bogor.

Selain itu, di sini tersedia 120 kamar dengan gaya klasik Eropa yang membuat tampilan menjadi lebih estetis. Tidak hanya itu, berbagai fasilitas yang disediakan juga sangat lengkap, mulai dari ruangan gym hingga spa yang cocok untuk memanjakan diri.

2. The Hermitage Jakarta
Hotel berbintang 5 dengan fasilitas mewah disajikan dengan apik di hotel bersejarah satu ini. Masih mempertahankan desain art deco zaman kolonial Belanda dari tahun 1920 membuatnya terlihat lebih estetis.

Bagai raja dan ratu, The Hermitage juga menyediakan pelayanan E-Butler untuk dilayani secara pribadi baik dari sebelum datang hingga selesai penginapan. Sesuai dengan fasilitasnya, pengunjung yang ingin berencana menginap di sini harus menyiapkan kocek yang lebih dalam.

Tidak hanya menginap, hotel ini juga menyediakan ruangan khusus bagi para pebisnis untuk rapat atau bagi para calon pengantin untuk mengadakan pesta pernikahan. Penggemar desain klasik tentu saja tidak perlu ragu untuk menjadikan tempat ini sebagai pilihannya.

3. Hotel Lengkong GKPRI
Bagi yang sedang berkunjung ke kota kembang dan ingin dekat dari pusat kota, hotel ini bisa jadi salah satu andalannya. Tepatnya hotel Lengkong ini berada di Jl. Lengkong Besar No.4, Cikawao, Kec. Lengkong, Kota Bandung.

Dekat dengan berbagai wisata, menjadikan para pengunjung tidak perlu repot mencari transportasi umum ketika ingin berkeliling kota. Penawaran harga pun tidak sampai bikin dompet jebol, mulai dari Rp100.000-an saja, pengunjung sudah bisa berkesempatan untuk menginap di sini.

Hotel ini tergolong bersejarah sebab sesuai dengan namanya, sebelum dijadikan sebagai penginapan bangunan ini merupakan kantor gedung koperasi pegawai negeri Indonesia atau disebut sebagai GKPRI. Peresmiannya dilaksanakan pada tahun 1959.
Namun, sejak tahun 2004 bangunan ini diresmikan sebagai penginapan yang bernama Hotel Lengkong. Meski sudah dijadikan ladang bisnis, gedung ini juga masih dilindungi pemerintah sebagai bagunan bersejarah.

Hotel bersejarah dengan arsitektur klasik di Indonesia bisa jadi referensi tepat untuk para penggemar nilai sejarah yang dibungkus dengan estetis. Semoga bisa berkunjung saat liburan selanjutnya.

sumber: https://kumparan.com/jendela-dunia/3-hotel-bersejarah-dengan-arsitektur-klasik-di-indonesia-paling-estetis-20rpkwTruh9/full